
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi terkait Strategi Dan Upaya Puskesmas Dalam Meningkatkan Kualitas Mutu Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Kabupaten Malang. Penelitian ini dirancang sebagai jenis penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif atau jenis penelitian kombinasi (Mix Methode) yang bersifat eksploratori untuk mengungkap berbagai faktor terkait pelayanan puskesmas yang berlangsung di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang. Lingkup yang dijadikan lokasi penelitian adalah Puskesmas yang tersebar di 33 kecamatan di Kabupaten Malang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling menyeluruh berdasarkan kriteria inklusi. Responden meliputi Pegawai Puskesmas dan masyarakat di Kabupaten Malang. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa Puskesmas perlu untuk mengoptimalisasi layanan home care dengan memanfaatkan kader Puskesmas yang mumpuni dan dapat dibina secara maksimal. Puskesmas perlu untuk melakukan optimalisasi dan sosialisasi ketersediaan daripada ruang rawat inap dan juga kerjasama dengan pihak swasta dalam meningkatkan pelayanan Kepada masyarakat. Puskesmas perlu untuk menggalakkan program konseling dan promosi kesehatan dengan memaksimalkan kader yang yang dapat dibina secara maksimal serta kerjasama dengan pihak swasta untuk bisa memanfaatkan teknologi pendukung pelayanan online. Oleh karena itu, inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Puskesmas perlu didukung dengan kemajuan teknologi dalam pelayanan online dan memastikan bahwasannya masyarakat mampu untuk menerima informasi yang diberikan oleh Puskesmas dengan adanya kader yang mampu untuk memahamkan pola pikir maupun mindset daripada masyarakat.