Lewati ke menu navigasi utama Lewati ke konten utama Lewati ke footer situs

Artikel

Vol 4 No 2 (2022): E-Jurnal Kartarahardja 2022 Semester II

STRATEGI DAN UPAYA PUSKESMAS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MUTU PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT KABUPATEN MALANG

  • Nungky Wanodyatama Islami
  • Akbar Pandu Dwinugraha
Diterbitkan
Desember 30, 2022

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi terkait Strategi Dan Upaya Puskesmas Dalam Meningkatkan Kualitas Mutu Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Kabupaten Malang. Penelitian ini dirancang sebagai jenis penelitian deskriptif kualitatif dan kuantitatif atau jenis penelitian kombinasi (Mix Methode) yang bersifat eksploratori untuk mengungkap berbagai faktor terkait pelayanan puskesmas yang berlangsung di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang. Lingkup yang dijadikan lokasi penelitian adalah Puskesmas yang tersebar di 33 kecamatan di Kabupaten Malang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling menyeluruh berdasarkan kriteria inklusi. Responden meliputi Pegawai Puskesmas dan masyarakat di Kabupaten Malang. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa Puskesmas perlu untuk mengoptimalisasi layanan home care dengan memanfaatkan kader Puskesmas yang mumpuni dan dapat dibina secara maksimal. Puskesmas perlu untuk melakukan optimalisasi dan sosialisasi ketersediaan daripada ruang rawat inap dan juga kerjasama dengan pihak swasta dalam meningkatkan pelayanan Kepada masyarakat. Puskesmas perlu untuk menggalakkan program konseling dan promosi kesehatan dengan memaksimalkan kader yang yang dapat dibina secara maksimal serta kerjasama dengan pihak swasta untuk bisa memanfaatkan teknologi pendukung pelayanan online. Oleh karena itu, inovasi pelayanan yang dilakukan oleh Puskesmas perlu didukung dengan kemajuan teknologi dalam pelayanan online dan memastikan bahwasannya masyarakat mampu untuk menerima informasi yang diberikan oleh Puskesmas dengan adanya kader yang mampu untuk memahamkan pola pikir maupun mindset daripada masyarakat.

Referensi

Adhinda Dewi Agustine dan Akbar Pandu Dwinugraha, Strategi pengembangan desa wisata osing dalam upaya pemulihan ekonomi pada masa pandemi covid-19; Publisia Jurnal Ilmu administrasi Publik 6(2) 156-164, 2021
Arikunto, S., 2009.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta : Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Buchbinder, Sharon B. 2014. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta : EGC
Bustami. 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan & Askeptabilitasnya.
Creswell, John W. 2009. Research Design Pendekatan Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Penterjemah Achmad Fawaid.
Fahrozy, A. 2017. Hubungan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Dengan Kepuasan
Herlambang, Susatyo. (2016). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen Publishing
Moleong , 2005. Metodologi Kualitatif Edisi Revisi. Bandung
Priharjo.(2006). Pengkajian Fisik Keperawatan Edisi 2. Jakarta: EGC.
Sugiyono. 2011. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabea
Wijoyo D. 2000. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya : Airlangga

Artikel paling banyak dibaca oleh penulis yang sama.