Lewati ke menu navigasi utama Lewati ke konten utama Lewati ke footer situs

Artikel

Vol 3 No 1 (2021): E-Jurnal Kartarahardja 2021 Semester I

PERAN PEMERINTAH DAERAH DALAM MENGEMBANGKAN UMKM YANG TERDAMPAK COVID-19

  • Nungky Wanodyatama Islami
  • Fajar Supanto
  • Arisanto Soeroyo
Diterbitkan
July 30, 2021

Abstrak

Pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif bagi UMKM dan menuntut UMKM menyusun ulang strategi bisnisnya untuk mengakomodasi efek pandemi. Kajian ini mengidentifikasi permasalahan, dampak pandemi, upaya penyelamatan dan strategi pemulihan kinerja yang dilakukan UMKM, mengidentfikasi efektivitas dukungan kebijakan pemerintah serta merumuskan strategi kebijakan pemerintah daerah yang tepat dalam penyelamatan UMKM terdampak pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain analisis deskriptif. Populasi penelitian ini adalah UMKM di Kabupaten Malang dan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan mengirim link survei kepada jaringan asosiasi, gabungan, himpunan, perkumpulan, paguyuban, dan bentuk persatuan pelaku usaha lainnya. Pada akhir periode pengumpulan data, 130 respon diterima dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan yang dihadapi UMKM seperti penurunan penjualan, masalah permodalan, distribusi yang terhambat, kesulitan bahan baku dan masalah produksi. Pemerintah telah mengeluarkan sejumlah kebijakan dalam rangka memperdayakan UMKM dalam situasi pandemi Covid-19. Pemerintah Kabupaten Malang juga meluncurkan berbagai kebijakan antara lain: Bantuan sarana prasarana (sarana produksi); expo produk; pelatihan; fasilitasi promosi produk UMKM; program inkubator kecil; temu usaha; meningkatkan peran PLUT dengan memberikan layanan online; Pelaksanaan bimbingan teknis untuk peningkatan SDM UMKM; meningkatkan akses UMKM ke pembiayaan KUR dan membuka kembali tempat wisata. Untuk mendukung kebijakan pemerintah, beberapa strategi jangka pendek yang perlu dilakukan adalah dengan perluasan stimulus fiskal dan non fiskal/keuangan serta pengembangan UMKM melalui penerapan memberi peluang dan dorongan layanan digital sebagai pendukung UMKM, penyederhanaan proses administrasi melalui pembentukan satgas permodalan, bantuan distribusi logistik, korporatisasi UMKM, sosialisasi asosiasi pelaku usaha, upaya mendorong perubahan strategi bisnis dan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Strategi jangka panjang yang dirumuskan berkaitan dengan upaya menyiapkan peta jalan pengembangan UMKM, membangun teknologi digital sebagai platform bisnis UMKM, pengembangan model bisnis UMKM yang modern dengan model bisnis canvas, serta mendorong kolaborasi pemerintah dengan korporasi dalam memberdayakan UMKM melalui program CSR.

Referensi

  1. Arifin, D. (2020). Jaringan Pengaman Sosial Kurangi Dampak Ekonomi Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19. Retrieved from https://bnpb.go.id/berita/jaring-pengaman-sosial-kurangi-dampak-ekonomi-masyarakatdi-tengah-pandemi-Covid-19
  2. Asikin, M. N. (2020). BRI Tegaskan Komitmen Penyelamatan UMKM di Masa Pandemi. Retrieved from https://today.line.me/id/v2/article/BRI+Tegaskan+Komitmen+Penyelamatan+UMKM+di+Masa+Pandemi-Qe06aj
  3. BPS, (2020). Berita Resmi Statistik. Badan Pusat Statistik, Jakarta - Indonesia.
  4. BPS, (2020a). Analisis Hasil Survey Dampak Covid-19 terhadap Pelaku Usaha. Badan Pusat Statistik, Jakarta - Indonesia.
  5. Burhan. F. (2020). Bisnis Anjlok Akibat Pandemi Corona. UMKM Bisa Ubah Strategi Usaha. Retrieved from https://katadata.co.id/berita/2020/04/15/bisnis-anjlok-akibat-pandemi-corona-umkm-bisa-ubah-strategi-usaha
  6. Delloite. (2015). UKM Pemicu kemajuan Indonesia : Instrumen pertumbuhan bangsa [Online]. Retrieved from http://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/id/Documents/finance/id-fas-sme-powering-indonesia-success-report-bahasa-noexp.pdf
  7. Eurostat. (2020). Eurostat new release. Retrieved from https://ec.europa.eu/eurostat/documents/2995521/11529239/4-19112020-AP-EN.pdf/eff0563b-91b4-4b30-051c-e494cb46d7cd
  8. Febrantara. D. (2020). Bagaimana Penanganan UKM di Berbagai Negara Saat Ada Pandemi Covid-19? DDTC Fiscal Research. Retrieved from https://drive.google.com/drive/folders/1MY31IOC3gWq-EgzNkuJzqJnB9PV6qA2D
  9. Fizriyani, W. (2020). Bupati: Kabupaten Malang Berpotensi Jadi Penggerak UMKM https://republika.co.id/berita/qenc80380/bupati-kabupaten-malang-berpotensi-jadi-penggerak-umkm
  10. Hadi. S. (2020). Revitalization Strategy for Small and Medium Enterprises after Corona Virus Disease Pandemi (Covid-19) in Yogyakarta. Journal Of Xi’an University Of Architecture & Technology.Vol 12 No 4, 4068-4075
  11. Hair, J.F., Hult, G.T.M., Ringle, C.M. and Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM), 2nd ed., SAGE Publications, Thousand Oaks, California
  12. Hardilawati, W. L. (2019). Model Pemasaran Hubungan Pelanggan, Inovasi Dan E-Commerce Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UKM Di Pekanbaru. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 9(2), 213–222
  13. Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60.
  14. ILO. (2020). Ketahanan hidup perusahaan hampir habis, pekerjaan semakin terancam Temuan-temuan utama survei usaha terdampak COVID-19 dari program ILO SCORE Indonesia. Retrieved from https://www.ilo.org/jakarta/whatwedo/publications/WCMS_745054/lang--en/index.htm
  15. Kemenkes. (2020). Surat Edaran No. HK.02.01/MENKES/335/2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan COVID-19 di Tempat Kerja Sektor Jasa dan Perdagangan (Area Publik) dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha. Jakarta
  16. Kementerian Koperasi dan UKM (2020). Rencana strategis kementerian koperasi dan usaha kecil dan menengah tahun 2020 - 2024.
  17. Kotler, P. dan Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing (15th ed.). Pearson Education Limited.
  18. Kraus, S., Clauss, T., Breier, M., Gast, J., Zardini, A., & Tiberius, V. (2020). The economics of COVID-19 : initial empirical evidence on how family firms in five European countries cope with the corona crisis. International Journal of Entrepreneurial Behavior & Research, 26(5), 1067–1092.
  19. Maftuchan. A. (2020). Policy Brief 21-Program Tunai di Era COVID-19: Bantuan Tunai Korona atau Jaminan Penghasilan Semesta. Retrieved from http://theprakarsa.org/policy-brief-21-program-tunai-di-era-covid-19-bantuan-tunai-korona-atau-jaminan-penghasilan-semesta/
  20. OECD (2020). Coronavirus ( COVID-19 ): SME Policy Responses.
  21. Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 20(April).
  22. Papadopoulos, T., Baltas, K. N., & Balta, M. E. (2020). The use of digital technologies by small and medium enterprises during COVID-19 : Implications for theory and practice. International Journal of Information Management, 55(Desember), 1–4.
  23. Prabowo, W. A. (2018). Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance Dengan intellectual Capital Dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Tiga Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 101–112.
  24. Prasetyo. A.. & Huda. M. (2019). Analisis Peranan Usaha Kecil dan Menengah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Kabupaten Kebumen. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen dan Akuntansi. 18(1). 26-35
  25. Putra, D. A. (2020). Pulihkan Ekonomi, Pemerintah Terus Berupaya Bangkitkan Sektor UMKM. Retrieved from https://www.merdeka.com/uang/pulihkan-ekonomi-pemerintah-terus-berupaya-bangkitkan-sektor-umkm.html
  26. PWS. (2020). UK economic update Covid-19. Retrived from https://www.pwc.co.uk/premium/covid-19/uk-economic-update-covid-19.pdf.
  27. Rapaccini, M., Saccani, N., Kowalkowski, C., Paiola, M., & Adrodegari, F. (2020). Navigating disruptive crises through service-led growth : The impact of COVID-19 on Italian manufacturing firms. Industrial Marketing Management, 88(May), 225–237.
  28. Sekaran, U. and Bougie, R. (2013). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach, 6th ed., John Wiley & Sons, West Sussex.
  29. Setiawan. (2020). Sebanyak 37.000 UMKM Terdampak Virus Corona. Retrieved from https://money.kompas.com/read/2020/04/17/051200426/sebanyak-37.000-umkm-terdampak-virus-corona
  30. Setiawan. D. (2020a). DJP: Insentif Pajak Ditanggung Pemerintah Belum Banyak Dipakai UMKM. DDTC News. Retrieved from https://news.ddtc.co.id/djp-insentif-pajak-ditanggung-pemerintah-belum-banyak-dipakai-umkm-21190?page_y=0
  31. Setiawan. (2020b). Jokowi Minta 23 Juta UMKM Diberi Bantuan Pembiayaan Modal Kerja. Retrieved from https://bisnis.tempo.co/read/1336881/jokowi-minta-23-juta-umkm-diberi-bantuan-pembiayaan-modal-kerja/full&view=ok
  32. Setyorini, D., Nurhayati, E., & Rosmita. (2019). Pengaruh Transaksi Online (e-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (Studi Kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal Mitra Manajemen, 3(5), 501–509.
  33. Situmorang, A. P. (2020). Pengusaha Minta Pemerintah Bentuk Satgas Permodalan UMKM Retrieved from https://www.merdeka.com/uang/pengusaha-minta-pemerintah-bentuk-satgas-permodalan-umkm.html

Artikel paling banyak dibaca oleh penulis yang sama.