Lewati ke menu navigasi utama Lewati ke konten utama Lewati ke footer situs

Artikel

Vol 3 No 1 (2021): E-Jurnal Kartarahardja 2021 Semester I

PENINGKATAN KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK MELALUI TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KABUPATEN MALANG

  • Bramantyo Tri Asmoro
  • Lilik Faridah
  • Akbar Pandu Dwinugraha
Diterbitkan
Juli 30, 2021

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran dan memberikan rekomendasi terkait peningkatan kompetensi tenaga pendidik apa yang diperlukan dalam menghadapi pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang. Penelitian ini dirancang sebagai jenis penelitian kombinasi (Mix Methode) yang bersifat eksploratori untuk mengungkap berbagai faktor terkait proses kegiatan belajar yang berlangsung di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang. Lingkup yang dijadikan lokasi penelitian adalah instansi pendidikan mulai tingkat TK, SD sampai dengan SMP yang tersebar di 33 kecamatan di Kabupaten Malang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling menyeluruh berdasarkan kriteria inklusi. Responden meliputi guru, tenaga kependidikan non guru, peserta didik SMP, maupun wali murid peserta didik TK dan SD di seluruh kecamatan di Kabupaten Malang. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa kompetensi pendidik yang dibutuhkan menyesuaikan persoalan yang diantaranya adalah ketidakmampuan siswa memahami materi yang diberikan oleh guru, instruksi dari materi tersebut belum maksimal untuk dipahami oleh peserta didik serta peserta didik merasa pembelajaran daring membosankan dan membuat anak jenuh meliputi tutorial learner centered, tutorial work example, games education, metode sinkronus dan asinkronus yang dapat membantu guru untuk mendukung kompetensi guru dalam aspek pedagogi, kepribadian, sosial dan profesional di masa pandemi Covid-19 di Kabupaten Malang

Referensi

  1. Aisyah, S, et al. (2010). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
  2. Arikunto, S, (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta
  3. Creswell, J.W. (2009). Research Design Pendekatan Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Penterjemah Achmad Fawaid.
  4. Hartani. 2011. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Pressindo
  5. Masnur, M. (2011). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Moleong, L.J. (2005). Metodologi Kualitatif Edisi Revisi. Bandung
  7. Sugihartono, Fathiyah, K.N., Harahap, F. (2007). Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press
  8. Sugiyanto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta:
  9. Sugiyono. (2011). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabet
  10. Trianto. (2011). Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Edisi Ke-4. Jakarta: Kencana.

Artikel paling banyak dibaca oleh penulis yang sama.